Friday, January 24, 2014

Sejarah Pulau Tidung - Nenek Moyang Dulu Berasal dari Kalimantan

Saat Indonesia masih di jaman kerajaan, dulu ada satu yang bernama Kerajaan Tidung, yang terletak di wilayah Pulau Kalimantan. Menurut penuturan suku asli Tidung di sana, di masa itu seperti layaknya era-era kerajaan, terjadi konflik antara Raja Tidung dengan panglima-panglimanya. Namun perseteruan tersebut tidak sampai menimbulkan perang saudara. Para panglima Tidung ini memilih untuk meninggalkan raja dan wilayah kerajaannya, mencari tempat baru yang akhirnya ketemulah mereka dengan Pulau Tidung di kawasan Kepulauan Pulau Seribu seperti yang sekarang ini.

Ini cerita dari mulut ke mulut yang kebenarannya tentu perlu telaah ahli sejarah lebih mendalam lagi.

Saat ini, secara geografis Pulau Tidung terletak di wilayah perairan utara Pulau Jawa, tercatat di bawah administratif Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta Utara.  Pulau ini berada di Kecamatan Kepulauan Tidung Utara.  Luas pulau mencapai 106,9 hektar, dengan jumlah penduduk sekitar lima ribu jiwa.

Untuk mencapai pulau ini anda bisa menghubungi jasa travel kami yang selalu siap membawa anda menyeberang menggunakan Feri dari Muara Angke atau Marina Ancol. Bukan hanya sekedar mengantar anda ke Pulau Tidung, kami juga menyediakan paket tour dan pemandu wisatanya.

No comments:

Post a Comment