Sunday, January 12, 2014

Penduduk Pulau Tidung

Sebagai salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Pulau Tidung semakin dikenal sebagai tempat wisata perairan oleh berbagai kalangan baik wisatawan itu sendiri maupun para peneliti biota laut.  Karena kawasan perairan Pulau Tidung kaya dengan terumbu karang yang masih asri dan berwarna-warni.

Para penduduk di pulau ini yang berjumlah sekitar 5000 jiwa, juga sangat sadar akan potensi pariwisata daerahnya, mereka menyediakan warung-warung mulai dari makanan dan minuman ringan, prasmanan sampai spot-spot tempat para turis bisa bakar-bakaran ikan atau cumi alias barbeque.  Penduduk sekitar juga memanfaatkan tanah yang mereka miliki untuk dibangun sebagai tempat menginap buat para turis yang ingin bermalam di pulau ini, karena biar bagaimanapun rasanya kurang puas hanya pulang pergi satu hari ke pulau ini.  Walaupun penginapan atau mereka menyebut sebagai homestay ini tergolong sederhana, namun cukup nyaman, bersih dan memuaskan untuk ditempati.

Selain itu, penduduk yang tersebar dalam 4 RW dan 24 RT ini walaupun bermata pencaharian utama sebagai nelayan, sebagian dari mereka ada yang berprofesi sebagai guide tour lokal guna melayani tamu-tamu yang hadir dan menunjukan spot-spot wisata indah yang wajib dikunjungi bagi anda yang berlibur ke sini.

No comments:

Post a Comment